Membuat bayangan pada gambar

Posted 4:35 PM by Unknown in Labels:
Ini untuk teman dan sekaligus murid saya Sofyan, semoga bermanfaat.
Bagaimana membuat effect bayangan pada sebuah object, misalnya tulisan atau foto?
Kalau teman saya biasanya bercanda dengan bilang, kasih senter aja nanti ada bayangannya. Nah kali ini kita akan mencoba dengan cara saya.
Silahkan di simah.
Pertama-tama buat file baru dengan aturan sebagai berikut.
Setelah itu buat layer baru.
Kemudian kasih warna sesuka kamu, dengan menekan G pada keyboard untuk mengaktifkan Pain Bucket Tool, setelah itu klik pada layer baru tersebut dengan warna yang sudah kamu pilih. Kali ini saya memakai warna biru. sehingga tampilan lembar kerja kita akan menjadi:

Kemudian buat satu lagi layer baru atau dengan menekan kombinasi Ctrl + Shift + N Diikuti dengan menekan B pada dan pilihlah warna putih.
Klik kanan pada lembar kerja dan atur brush atau kuas kamu seperti ini.

Klik satu kali pada layer baru tersebut dengan warna putih yang sudah kita pilih, sehingga hasilnya harus seperti ini.
Apakah sama? kalau belum sama silahkan dicoba kembali. Untuk yang sudah sama silahkan lanjutkan. Setelah itu tekan V pada keyboard untuk mengaktifkan Move Tool. Kali ini saya tidak ingin putih itu hanya sekedar memutar, namun memanjang ke sebelah kanan dan kiri.
Caranya klik dan tarik pada bagian kanan dan kiri dari layer baru tersebut, bagian yang harus kamu tarik adalah yang saya kasih kotak merah berikut.

Tariklah sesuka kamu, dengan penarikan yang saya lakukan saya menghasilkan gambar berikut.

Setelah itu, tekan P pada keyboard untuk mengaktifkan Pen Tool. Buatlah garis luruh seperti contoh di bawah ini.

Caranya, klik pada ujung kiri bawah, kemudian arahkan mouse pada bagian tengah layer, kemudian klik dan dilanjutkan dengan mengarahkan mouse pada kanan bawah dan diklik. Untuk mengakhiri pembuatan segitiga ini klik pada ujung kiri bawah di mana kita memulai garis ini. Sehingga kamu akan mendapatkan seperti contoh di atas.
Setelah selesai, sekarang saatnya kita membuat pilihan dari apa yang telah kita gambar tersebut. Caranya klik kanan pada daerah di dalam segita itu dan pilih Make Selection.
Setelah itu akan muncul layar kecil, langsung di OK saja. Kalau sudah, kamu akan menghasilkan pilihan dari apa yang kamu bikin segitiga dengan garis putus-putus yang berkedip seperti ini.
Apakah sampai sini semuanya sudah seperti yang saya punya? saya harap demikian.
Sekarang, kembali pada menu layer, dan pastikan layer yang aktif sekarang adalah layer 2 (yang paling atas)
Kalau sudah, sekarang tekan CTRL + J untuk mengandakan layer 2 pada bagian yang kita pilih saja (berbentuk segitiga). Sehingga hasilnya akan menjadi.

Seperti yang kamu lihat kita telah memiliki layer baru yaitu layer 3 dan pada tampilan lembar kerja ada satu object atau gambar yang berbentuk segitiga berwarna putih seperti jalan.
Apakah semua mendapatkan hasil yang sama?
Nah sekarang, saatnya kita menulis sesuatu. Ketik T pada keyboard untuk mengaktifkan Type Tool (T), kemudian ketik KursusNet, tekan Enter. Atur ukuran tulisan secara manual kalau yang kamu hasilkan terlalu kecil.

Klik pada salah satu sudut dari tulisan tersebut kemudian drag dan atur ukuran sesuai kebutuhan.
Setelah kamu mendapatkan ukuran yang sesuai, sekarang lepas dan tekan enter atau klik 2 kali pada tulisan tersebut.
Sekarang kembali pada daftar layer dan klik kanan pada layer tulisan tersebut, klik kanan dan pilih Rasterize Type seperti pada gambar.

Geser tulisan KursusNet tersebut mendekati pojok kanan bawah dan dilanjutkan dengan klik
Menu Edit + Transform + Skew.
Klik pada masing-masing pojok dari tulisan tersebut dan atur sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini.

Apakah semua mendapatkan hasil yang sama seperti ini? good good...
Sekarang saatnya membuat effect bayangannya.
Gandakan layer tulisan ini, caranya klik kanan pada layer KursusNet dan pilih Duplicate layer... kamu akan menghasilkan seperti gambar di bawah ini.

Nah, sekarang, atur posisi dari layer KursusNet copy tersebut melalui
Menu Edit + Transform + Rotate. Atur sedemikian rupa sehingga mudah untuk diatur posisinya sebagai bayangan, setelah itu tekan Enter atau klik 2 kali. Dilanjutkan dengan Menu Edit + Transform + Skew. Dan sekarang klik pada masing-masing pojok dari layer tersebut dan usahakan menghasilkan posisi seperti ini.

Apakah ada kesulitan? saya harap tidak. kalau ada silahkan dilanjutkan mencobanya sampai menghasilkan posisi seperti gambar di atas. Untuk yang sudah menghasilkan posisi seperti gambar di atas, pastikan masih aktif pada layer KursusNet copy, sekarang atur Opacity dari layer ini menjadi 30%, sehingga akan mendapatkan hasil seperti gamabr di atas.
Sekarang, kita akan menghapus sebagian dari bayangan ini sehingga nampak seperti bayangan. Caranya tekan E pada keyboard, atur ukuran penghapus, kurangi hardness dan mulailah menghapus. sehingga menghasilkan gambar seperti ini.


Akhirnya bayangan kita selesai.

Dengan sedikit kerja keras, contoh dari latihan ini bisa seperti:


 


0 comment(s) to... “Membuat bayangan pada gambar”

0 comments:

Post a Comment